Selasa, 26 Februari 2013

Peningkatan Hasil Belajar Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kelas X Audio Video (AV) 2 Di SMK Negeri 5 Jakarta


NAMA  : CATHY TRISDIANA AULIA
NIM      : 5235117123
PTIK NR 2011

Informasi Skripsi
Judul Skripsi                  : Peningkatan Hasil Belajar Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kelas X Audio Video (AV) 2 Di SMK Negeri 5 Jakarta
Nama penyusun              : Devi Anggraeni
NIM                               : 5215062196
Tanggal Lulus                  : 26 Juli 2011
Dosen Pembimbing I       : Dr. Ir. Rusmono, M.Pd
Dosen Pembimbing II      : Arum Setyowati, S.Pd, MT

Susunan Kerangka Karangan
ABSTRAK
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada kelas X audio visual (AV) 2 tahun ajaran 2010/2011 menunjukkan kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada guru yang berakibat menurunnya hasil belajar pada siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas belajar siswa dengan hasil pembelajaran yang optimal guna memperbaiki dan meningkatkan mutu proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melaluli kajian-kajian reflektif, partisipasif, dan kolaboratif. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning).

LATAR BELAKANG MASALAH
Dunia pendidikan memegang peranan sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk melaksanakan pembangunan nasional. Peran guru merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan nasional pendidikan. Selain bertanggung jawab mengatur mengarahkan siswa untuk melaksanakan pembelajaran, guru juga berperan sangat penting dalam pembentukan pribadi dan intelektual siswa melalui proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya, kondisi umum di SMK bidang Teknologi dan Rekayasa dapat digambarkan sebagai berikut : (1) rendahnya aktivitas (keterlibatan) siswa dalam kegiatan belajar mengajar. (2) siswa cenderung rebut dan mengantuk, berbicara dengan temannya. (3) kurangnya minat mengerjakan soal-soal pada diri siswa. Oleh karena itu perlu adanya penelitian tindakan kelas untuk membuktikan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran dengan Problem Based Lerning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas.

IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasikan masalah-masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah cara yang harus ditempuh tenaga pengajar guna mengatasi masalah pencapaian materi ajar?
  2. Bagaimanakah peranan Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)?
  3. Bagaimana minat belajar siswa setelah menggunakan Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)?

PEMBATASAN MASALAH
Dari berbagai permasalahan di atas, maka penulis membatasi permasalahan tersebut pada masalah-masalah yang berkenan dengan perancangan dan implementasi penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada siswa.

PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang maslah di atas, maka masalah yang diangkat dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat di rumuskan sebagai berikut :

  1. Bagaimana meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio?
  2. Bagaimana kepuasan siswa terhadap strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio?
  3. Bagaimana pendapat guru mengenai strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio?

TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini adalah upaya untuk mencari alternatif pemecahan masalah hasil belajar siswa pada mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning).

MANFAAT PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif penggunaan berbagai strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar Memahami Sifat Dasal Sinyal Audio.

KAJIAN PUSTAKA
I, Hasil Belajar
Hasil belajar pada hakekatnya adalah perubahan tingkah laku. Menurut Winkkel Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya. Aspek perubahan itu mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

II. Memahami Sifat Dasar Audio
Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio merupakan salah satu mata diklat program produktif bidang keahlian Teknik Audio Video di Sekolah Menengah Kejuruan yang diberikan kepada peserta didik SMK kelas X. mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio ini berisi materi yang sesuai dengan Kurikulum Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan Tahun 2009. Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio merupakan langkah awal dalam menentukan hasil belajar sifat dasar sinyal audio.

III. Hasil Belajar Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio
Pada dasarnya setiap mata pelajaran terdiri dari beberapa Standar Kompetensi (SK). Standar Kompetensi (SK) merupakan kualifikasi kemampuan peserta didik pada satu mata pelajaran, dimana bertujuan agar siswa dapat mempunyai keterampilan tertentu setelah mempelajari mata pelajaran tersebut.

IV. Strategi Pembelajaran
Strategi dapat di artikan sebagai a plan of opration achieving something, “rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu”. Pada mulanya strategi digunakan di dunia militer, yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan. Dalam dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achives a particular educational goal. Jadi dengan demikian strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yamg di desain untuk mencapai tujuan tertentu.

V. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) berdasarkan kepada suatu psikologi kognitif yang berangkat dari asumsi bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman. Problem Based Learning adalah proses pembelajaran berdasarkan masalah.

VI. Ciri-ciri Pembelajaran dengan PBL
Sementara ciri-ciri strategi pembelajaran dengan PBL menurut Baron adalah (1) Menggunakan permasalahan dalam dunia nyata, (2) Pembelajaran dipusatkan pada pemecahan masalah, (3) tujuan pembelajaran ditentukan oleh siswa, (4) Guru berperan sebagai fasilitator.

VII. Tahapan-tahapan dalam PBL
Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah terdiri dari lima langkah utama yang di mulai dengan guru memperkenalkan siswa dengan situasi maslah dan di akhiri dengan analisis kerja siswa.

VIII. Karakteristik Pembelajaran dengan PBL
  1. Karakteristik seperti yang di kutip Wena yang diungkapkan Savoie dan Huges antara lain sebagai berikut: Belajar dimulai  dengan suatu permasalahan
  2. Permasalahan yang diberikan harus berhubungan dengan dunia nyata siswa
  3. Mengorganisasikan pembelajaran di seputar permasalahan, bukan di seputar disiplin ilmu
  4. Memberikan tanggung jawab yang besar dalam membentuk dan menjalankan secara langsung proses belajar mereka sendiri
  5. Menggunakan kelompok kecil
  6. Menuntut siswa untuk mendemonstrasikan apa yang telah dipelajarinya dengan bentuk produk dan kinerja
IX. Kelebihan dan Kekurangan PBL
Pembelajaran berdasarkan masalah memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan strategi pembelajaran lainnya, yaitu sebagai berikut :
  1. Mendorong kerjasama dalam menyelesaikan tugas
  2. Mendorong siswa melakukan pengamatan dan dialog dengan orang lain
  3. Melibatkan siswa dalam penyelidikan pilihan sendiri
  4. Membantu siswa menjadi pembelajar yang mandiri

Selain itu kekurangan pembelajaran berdasarkan masalah, sebagai berikut :
  1. Kondisi kebanyakan sekolah tidak kondusif untuk pendekatan PBL
  2. Bagi siswa yang malas, tujuan dari metode ini tidak dapat tercapai sesuai dengan harapan pengajar
  3. Membutuhkan banyak waktu dan dana
  4. Tidak semua mata pelajaran dapat diterapkan dengan metode ini


KESIMPULAN
Pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning dapat menghasilkan peningkatan akademik dan meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Dalam pembelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning, siswa dapat terlibat dalam proses penyelidikan yang mengharuskan mengidentifikasi permasalahan, mengumpulkan data, dan menggunakan data tersebut untuk menyelesaikan masalah.

5 Sumber dalam Skripsi
Dirjen Mandikdasmen, PP No 19 Th 2005 (http://www.scribd.com)
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar (Yogyakarta: Pustaka Belajar,2008), h. 45
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: PT. Rineka Cipta,2006)

5 Sumber yang didapat dari internet
Model Pembelajaran Problem Based Learning www.sekolahdasar.net/2011/10/model-pembelajaran-problem-based.html (diunduh 25 Februari 2013 pukul 22.10)
Evaluasi Hasil Pembelajaran www.ulfiarahmi.wordpress.com/evaluasi-hasil-belajar/ (diunduh 26 Februari 2013 pukul 00.30)
Belajar dan Pembelajaran www.yanuarsnote.blogspot.com/2012/02/ringkasan-buku-belajar-dan-pembelajaran_23.html (diunduh 26 Februari 2013 pukul 01.00)
UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional www.hukumonline.com (diunduh 26 Februari 2013 pukul 00.45)
Variabel-variabel Pembelajaran www.blog.tp.ac.id/variabel-variabel-pembelajaran (diunduh 26 Februari 2013 pukul 02.45)

Ulasan Ide
Dari semua ulasan sumber baik itu yang terdapat dari skripsi ataupun dari internet yang saya dapatkan, pada dasarnya membahas topik yang sama tentang upaya untuk mencari alternatif pemecahan masalah hasil belajar siswa pada mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning).
Karena dalam kenyataannya, kegiatan pembelajaran mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sangat rendah. Oleh karena itu perlu adanya penelitian tindakan kelas untuk membuktikan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran dengan Problem Based Lerning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar