NAMA : CATHY TRISDIANA
AULIA
NIM : 5235117123
PTIK NR 2011
Informasi
Skripsi
Judul Skripsi : Peningkatan Hasil
Belajar Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio Melalui Penerapan Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning) Kelas X Audio Video (AV) 2 Di SMK Negeri 5 Jakarta
Nama penyusun : Devi Anggraeni
NIM : 5215062196
Tanggal Lulus : 26 Juli 2011
Dosen Pembimbing I :
Dr. Ir. Rusmono, M.Pd
Dosen Pembimbing II : Arum Setyowati, S.Pd, MT
Dosen Pembimbing II : Arum Setyowati, S.Pd, MT
Susunan
Kerangka Karangan
ABSTRAK
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada kelas X audio visual (AV)
2 tahun ajaran 2010/2011 menunjukkan kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada
guru yang berakibat menurunnya hasil belajar pada siswa. Oleh karena itu,
tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas belajar siswa dengan hasil
pembelajaran yang optimal guna memperbaiki dan meningkatkan mutu proses belajar
mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk
mendapatkan data dan analisisnya melaluli kajian-kajian reflektif, partisipasif,
dan kolaboratif. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dilakukan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi pembelajaran
berbasis masalah (Problem Based Learning).
LATAR BELAKANG MASALAH
Dunia pendidikan memegang peranan
sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia
untuk melaksanakan pembangunan nasional. Peran guru merupakan salah satu kunci
keberhasilan dalam mencapai tujuan nasional pendidikan. Selain bertanggung
jawab mengatur mengarahkan siswa untuk melaksanakan pembelajaran, guru juga
berperan sangat penting dalam pembentukan pribadi dan intelektual siswa melalui
proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya, kondisi umum di SMK bidang Teknologi
dan Rekayasa dapat digambarkan sebagai berikut : (1) rendahnya aktivitas
(keterlibatan) siswa dalam kegiatan belajar mengajar. (2) siswa cenderung rebut
dan mengantuk, berbicara dengan temannya. (3) kurangnya minat mengerjakan
soal-soal pada diri siswa. Oleh karena itu perlu adanya penelitian tindakan
kelas untuk membuktikan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran
dengan Problem Based Lerning dapat meningkatkan hasil belajar
dan aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas.
IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang
masalah di atas, maka dapat diidentifikasikan masalah-masalah sebagai berikut:
- Bagaimanakah cara yang harus ditempuh tenaga pengajar guna mengatasi masalah pencapaian materi ajar?
- Bagaimanakah peranan Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)?
- Bagaimana minat belajar siswa setelah menggunakan Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)?
PEMBATASAN MASALAH
Dari berbagai permasalahan di
atas, maka penulis membatasi permasalahan tersebut pada masalah-masalah yang
berkenan dengan perancangan dan implementasi penerapan strategi pembelajaran
berbasis masalah pada siswa.
PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang maslah
di atas, maka masalah yang diangkat dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini
dapat di rumuskan sebagai berikut :
- Bagaimana meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio?
- Bagaimana kepuasan siswa terhadap strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio?
- Bagaimana pendapat guru mengenai strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio?
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini adalah
upaya untuk mencari alternatif pemecahan masalah hasil belajar siswa pada mata
diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio dengan menggunakan strategi
pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning).
MANFAAT PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah,
hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif penggunaan berbagai
strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil
belajar Memahami Sifat Dasal Sinyal Audio.
KAJIAN PUSTAKA
I, Hasil Belajar
I, Hasil Belajar
Hasil belajar pada hakekatnya
adalah perubahan tingkah laku. Menurut Winkkel Hasil belajar adalah perubahan
yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya. Aspek
perubahan itu mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
II. Memahami Sifat Dasar Audio
II. Memahami Sifat Dasar Audio
Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio
merupakan salah satu mata diklat program produktif bidang keahlian Teknik Audio
Video di Sekolah Menengah Kejuruan yang diberikan kepada peserta didik SMK
kelas X. mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio ini berisi materi yang
sesuai dengan Kurikulum Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan Tahun
2009. Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio merupakan langkah awal dalam menentukan
hasil belajar sifat dasar sinyal audio.
III. Hasil Belajar Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio
III. Hasil Belajar Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio
Pada dasarnya setiap mata pelajaran
terdiri dari beberapa Standar Kompetensi (SK). Standar Kompetensi (SK)
merupakan kualifikasi kemampuan peserta didik pada satu mata pelajaran, dimana
bertujuan agar siswa dapat mempunyai keterampilan tertentu setelah mempelajari
mata pelajaran tersebut.
IV. Strategi Pembelajaran
IV. Strategi Pembelajaran
Strategi dapat di artikan
sebagai a plan of opration achieving something, “rencana kegiatan
untuk mencapai sesuatu”. Pada mulanya strategi digunakan di dunia militer, yang
diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan
suatu peperangan. Dalam dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai a
plan, method, or series of activities designed to achives a particular
educational goal. Jadi dengan demikian strategi pembelajaran dapat
diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yamg di
desain untuk mencapai tujuan tertentu.
V. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
V. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Strategi pembelajaran berbasis
masalah (problem based learning)
berdasarkan kepada suatu psikologi kognitif yang berangkat dari asumsi bahwa
belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman. Problem
Based Learning adalah proses pembelajaran berdasarkan masalah.
VI. Ciri-ciri Pembelajaran dengan PBL
VI. Ciri-ciri Pembelajaran dengan PBL
Sementara ciri-ciri strategi
pembelajaran dengan PBL menurut Baron adalah (1) Menggunakan permasalahan dalam
dunia nyata, (2) Pembelajaran dipusatkan pada pemecahan masalah, (3) tujuan
pembelajaran ditentukan oleh siswa, (4) Guru berperan sebagai fasilitator.
VII. Tahapan-tahapan dalam PBL
VII. Tahapan-tahapan dalam PBL
Penerapan strategi pembelajaran
berbasis masalah terdiri dari lima langkah utama yang di mulai dengan guru
memperkenalkan siswa dengan situasi maslah dan di akhiri dengan analisis kerja
siswa.
VIII. Karakteristik Pembelajaran dengan PBL
VIII. Karakteristik Pembelajaran dengan PBL
- Karakteristik seperti yang di kutip Wena yang diungkapkan Savoie dan Huges antara lain sebagai berikut: Belajar dimulai dengan suatu permasalahan
- Permasalahan yang diberikan harus berhubungan dengan dunia nyata siswa
- Mengorganisasikan pembelajaran di seputar permasalahan, bukan di seputar disiplin ilmu
- Memberikan tanggung jawab yang besar dalam membentuk dan menjalankan secara langsung proses belajar mereka sendiri
- Menggunakan kelompok kecil
- Menuntut siswa untuk mendemonstrasikan apa yang telah dipelajarinya dengan bentuk produk dan kinerja
Pembelajaran berdasarkan masalah memiliki beberapa kelebihan
dibandingkan dengan strategi pembelajaran lainnya, yaitu sebagai berikut :
- Mendorong kerjasama dalam menyelesaikan tugas
- Mendorong siswa melakukan pengamatan dan dialog dengan orang lain
- Melibatkan siswa dalam penyelidikan pilihan sendiri
- Membantu siswa menjadi pembelajar yang mandiri
Selain itu kekurangan
pembelajaran berdasarkan masalah, sebagai berikut :
- Kondisi kebanyakan sekolah tidak kondusif untuk pendekatan PBL
- Bagi siswa yang malas, tujuan dari metode ini tidak dapat tercapai sesuai dengan harapan pengajar
- Membutuhkan banyak waktu dan dana
- Tidak semua mata pelajaran dapat diterapkan dengan metode ini
KESIMPULAN
Pembelajaran dengan menggunakan
strategi pembelajaran Problem Based
Learning dapat menghasilkan peningkatan akademik dan meningkatkan kemampuan
kognitif siswa. Dalam pembelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio dengan
strategi pembelajaran Problem Based
Learning, siswa dapat terlibat dalam proses penyelidikan yang mengharuskan
mengidentifikasi permasalahan, mengumpulkan data, dan menggunakan data tersebut
untuk menyelesaikan masalah.
5 Sumber
dalam Skripsi
UU RI No 20 Th 2003 Sistem Pendidikan Nasional (http://www.tempointeraktif.com/hg/peraturan/2004/03/31/prn,20040331-09,id.html)
Dirjen Mandikdasmen, PP No 19 Th 2005 (http://www.scribd.com)
Zulharman, PBL (www.zulharman79.wordpress.com/2007/07/15/problem-based-learning-pbl/)
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar (Yogyakarta: Pustaka
Belajar,2008), h. 45
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: PT.
Rineka Cipta,2006)
5 Sumber
yang didapat dari internet
Model Pembelajaran Problem Based
Learning www.sekolahdasar.net/2011/10/model-pembelajaran-problem-based.html
(diunduh 25 Februari 2013 pukul 22.10)
Evaluasi Hasil Pembelajaran www.ulfiarahmi.wordpress.com/evaluasi-hasil-belajar/
(diunduh 26 Februari 2013 pukul 00.30)
Belajar dan Pembelajaran www.yanuarsnote.blogspot.com/2012/02/ringkasan-buku-belajar-dan-pembelajaran_23.html
(diunduh 26 Februari 2013 pukul 01.00)
UU No 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional www.hukumonline.com
(diunduh 26 Februari 2013 pukul 00.45)
Variabel-variabel Pembelajaran www.blog.tp.ac.id/variabel-variabel-pembelajaran
(diunduh 26 Februari 2013 pukul 02.45)
Ulasan Ide
Dari semua ulasan sumber baik itu
yang terdapat dari skripsi ataupun dari internet yang saya dapatkan, pada dasarnya
membahas topik yang sama tentang upaya untuk mencari alternatif pemecahan
masalah hasil belajar siswa pada mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio
dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based
Learning).
Karena dalam kenyataannya,
kegiatan pembelajaran mata diklat Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio
keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sangat rendah. Oleh karena
itu perlu adanya penelitian tindakan kelas untuk membuktikan bahwa melalui
penerapan strategi pembelajaran dengan Problem Based Lerning dapat
meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar