NIM: 5235117096
PTIK NR 2011
Informasi Skripsi
Judul Skripsi :
Korelasi Motivasi Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik
dengan Hasil Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik
Nama penyusun :
Arif Maulana
NIM :
5215067224
Tanggal Lulus :
08 Agustus 2011
Susunan Kerangka Karangan
ABSTRAK
ARIF MAULANA, Korelasi Motivasi
Mengoperasikan Sistem Elektromagnetik Dengan Hasil Belajar Mengoperasikan
Sistem Elektromagnetik pada SMK Negeri 26 Jakarta. Skripsi Fakultas-Universitas
Negeri Jakarta,jurusan Teknik Elektro,program studi Pendidikan Teknik
Elektro,Juli 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat korelasi mengoperasikan sistem pengendali
elektromagnetik. Disamping itu juga mengetahui koefisien determinasi korelasi
mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik dengan hasil belajar
mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik. Penelitian dilaksanakan di
SMK Negeri 26 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.
Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XII SMK NEGERI 26 Jakarta
program jurusan teknik instalansi tenaga listrik.
LATAR
BELAKANG MASALAH
Pendidikan adalah bagian penting
dari kehidupan manusia karena pendidikan ikut menentukan keberhasilan setiap
insan manusia. Melalui pendidikan puola kredibilitas sebuah negara bisa
dipertaruhkan,karena pendidikan begitu menetukan kecerdasan bangsan suatu
negara tak terkecuali bangsa indonesia.
Hal tersebut bermaksud
menyadarkan semua elemen bangsa ini bahwa sebenarnya harus ditempatkan kepada
posisi yang sangat tinggi karena kecerdasan suatu bangsa sangat ditentukan oleh
keberhasilan pendidikan dibangsa tersebut.
Begitu banyak cara yang digunakan
dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang ada saat ini dean salah satunya
adalah melalui lembaga formal maupun non formal.
IDENTIFIKASI
MASALAH
Berdasarkan latar belakang
masalah diatas,maka masalah-masalah tersebut dapat diidentifikasikan sebagai
berikut :
1. Apakah terdapat
korelasimotivasi belajar mengoperasikan sitem pengendali elektromagnetik dengan
hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik?
2. Adakah pengaruhnya antara cara
beljar siswa terhadap hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali
elektromagnetik?
3.Faktor apa saja yang harus
dilakukan dalam hubungannya dengan hasil belajar mengoperasikan sistem
pengendali elektromagnetik?
PEMBATASAN
MASALAH
Karena begitu luasnya
permasalahan yang ada dan waktu yang terbatas maka penelitian ini hanya
dibatasi pada masalah: Apakah terdapat korelasi
motivasi belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik dengan
hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik?
PERUMUSAN MASALAH
Sesuai dengan latar belakang
masalah,identifikasi masalah,pembatasan masalah maka penelitian ini dapat
dirumuskan sebagai berikut :
Adakah terdapat hubungan positif
antara korelasi motivasi belajar mengoperasikan sistem pengendali
elektromagnetik dengan hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali
elektromagnetik.
KEGUNAAN PENELITIAN
Ebagai
bahan masukan yang bermanfaat kepada guru mata pelajaran sistem pengendali
elektromagnetik guna lebih meningkatkan lagi motivasi belajar siswa sehingga
keefektifan mengajar didalam pelajaran mengoperasikan sistem pengendali
elektromagnetik lebih berhasil
5 Sumber dalam Skripsi
1.http ://www.bkl-listrik-smk1kdw.blogspot.com
4.http://www.made-in-china.com
5. Dimyati & Mudjiyono.2006.Belajar dan
pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta
5 Sumber yang didapat dari internet
1. Peningkatan
dan hasil belajar matadiklat mengoperasikan sistem kendali elektronik melalui
pembelajaran berbantuan komputer di SMK N 2 DEPOK (http://eprints.uny.ac.id/903/) (diunduh 27 februari,waktu :11.00)
2. Pengertian Motivasi belajar
(http://belajarpsikologi.com/pengertian-motivasi-belajar/) (diunduh 27 februari,
waktu 11.25 )
3. Pengaruh strategi
pembelajaran berbasis computer terhdap hasil belajar mengoperasikan system
pengendali elektromagnetik di SMK N 1 PERCUT SEITUAN
(http://digilib.unimed.ac.id/UNIMED-Undergraduate-0122245/22815) (diunduh 27 februari,
waktu : 11.35)
4. Mengopersikan mesin
produksi dengan kendali elektronik (http://rendymars.blogspot.com/2012/01/mengoperasikan-mesin-produksi-dengan.html) (diunduh 27
februari,waktu: 11.40)
5. Pengembangan perangkat
pembelajaran guided discovery dengan pendekatan contekstual teaching and
learning pada standar kometensi mengoperasikan system pengendali
elektromagnetik di SMK N 2 SURABAYA (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/1334 ) (diunduh 27
februari,waktu : 11.55)
Ulasan Ide
Dari
semua ulasan yang saya baca dari sumber-sumber yang ada di skripsi dan internet
membahas mengenai pengaruh strategi pembelajaran berbasis computer terhadap
hasil belajar ngoperasikan system pengendali elektromagnetik di SMK N 1PERCUT
SEIUAN. Terdapat beberapa interaksi antara strategi
pembelajaran dengan kreativitas siswa dalam mempengaruhi hasil belajar
Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik siswa kelas XI SMK Negeri 1
Percut Sei Tuan dimana Fhitung > Ftabel atau (30,46) > (4,30).
Berdasarkan perhitungan uji lanjut Scheffe bahwa Fhitung(15.85)>Ftabel(3,05)
dan tolak Ho sekaligus terima Ha, Hal ini berarti interaksi antara siswa yang
memiliki kreativitas tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasi
komputer dengan siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang diajar dengan
strategi pembelajaran ekspositori mempunyai pengaruh positif yang lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar