Selasa, 26 Februari 2013

Korelasi Motivasi Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik dengan Hasil Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik

Nama : Gatis Lestiana
NIM: 5235117096
PTIK NR 2011

Informasi Skripsi
Judul Skripsi                : Korelasi Motivasi Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik dengan Hasil Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik
Nama penyusun          : Arif Maulana
NIM                             : 5215067224
Tanggal Lulus              : 08 Agustus 2011
Dosen Pembimbing I   : Drs.Irzan Zakir,M.Pd
Dosen Pembimbing II  :
Aris Sunawar S.pd MT

Susunan Kerangka Karangan
ABSTRAK
ARIF MAULANA, Korelasi Motivasi Mengoperasikan Sistem Elektromagnetik Dengan Hasil Belajar Mengoperasikan Sistem Elektromagnetik pada SMK Negeri 26 Jakarta. Skripsi Fakultas-Universitas Negeri Jakarta,jurusan Teknik Elektro,program studi Pendidikan Teknik Elektro,Juli 2011.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik. Disamping itu juga mengetahui koefisien determinasi korelasi mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik dengan hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 26 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XII SMK NEGERI 26 Jakarta program jurusan teknik instalansi tenaga listrik.

LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan adalah bagian penting dari kehidupan manusia karena pendidikan ikut menentukan keberhasilan setiap insan manusia. Melalui pendidikan puola kredibilitas sebuah negara bisa dipertaruhkan,karena pendidikan begitu menetukan kecerdasan bangsan suatu negara tak terkecuali bangsa indonesia.
Hal tersebut bermaksud menyadarkan semua elemen bangsa ini bahwa sebenarnya harus ditempatkan kepada posisi yang sangat tinggi karena kecerdasan suatu bangsa sangat ditentukan oleh keberhasilan pendidikan dibangsa tersebut.
Begitu banyak cara yang digunakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang ada saat ini dean salah satunya adalah melalui lembaga formal maupun non formal.

IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah diatas,maka masalah-masalah tersebut dapat diidentifikasikan sebagai berikut :
1. Apakah terdapat korelasimotivasi belajar mengoperasikan sitem pengendali elektromagnetik dengan hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik?
2. Adakah pengaruhnya antara cara beljar siswa terhadap hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik?
3.Faktor apa saja yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik?

PEMBATASAN MASALAH
Karena begitu luasnya permasalahan yang ada dan waktu yang terbatas maka penelitian ini hanya dibatasi pada masalah: Apakah terdapat korelasi  motivasi belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik dengan hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik?

PERUMUSAN MASALAH
Sesuai dengan latar belakang masalah,identifikasi masalah,pembatasan masalah maka penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
Adakah terdapat hubungan positif antara korelasi motivasi belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik dengan hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik.

KEGUNAAN PENELITIAN
Ebagai bahan masukan yang bermanfaat kepada guru mata pelajaran sistem pengendali elektromagnetik guna lebih meningkatkan lagi motivasi belajar siswa sehingga keefektifan mengajar didalam pelajaran mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik lebih berhasil

5 Sumber dalam Skripsi
1.http ://www.bkl-listrik-smk1kdw.blogspot.com
4.http://www.made-in-china.com
5. Dimyati & Mudjiyono.2006.Belajar dan pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta

5 Sumber yang didapat dari internet 

1.     Peningkatan dan hasil belajar matadiklat mengoperasikan sistem kendali elektronik melalui pembelajaran berbantuan komputer di SMK N 2 DEPOK (http://eprints.uny.ac.id/903/)  (diunduh 27 februari,waktu :11.00)

2.     Pengertian Motivasi belajar (http://belajarpsikologi.com/pengertian-motivasi-belajar/) (diunduh 27 februari, waktu 11.25 )

3.     Pengaruh strategi pembelajaran berbasis computer terhdap hasil belajar mengoperasikan system pengendali elektromagnetik di SMK N 1 PERCUT SEITUAN

(http://digilib.unimed.ac.id/UNIMED-Undergraduate-0122245/22815) (diunduh 27 februari, waktu : 11.35)

4.     Mengopersikan mesin produksi dengan kendali elektronik (http://rendymars.blogspot.com/2012/01/mengoperasikan-mesin-produksi-dengan.html) (diunduh 27 februari,waktu: 11.40)

5.     Pengembangan perangkat pembelajaran guided discovery dengan pendekatan contekstual teaching and learning pada standar kometensi mengoperasikan system pengendali elektromagnetik di SMK N 2 SURABAYA (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/1334 ) (diunduh 27 februari,waktu : 11.55)

 

Ulasan Ide

Dari semua ulasan yang saya baca dari sumber-sumber yang ada di skripsi dan internet membahas mengenai pengaruh strategi pembelajaran berbasis computer terhadap hasil belajar ngoperasikan system pengendali elektromagnetik di SMK N 1PERCUT SEIUAN. Terdapat beberapa interaksi antara strategi pembelajaran dengan kreativitas siswa dalam mempengaruhi hasil belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dimana Fhitung > Ftabel atau (30,46) > (4,30). Berdasarkan perhitungan uji lanjut Scheffe bahwa Fhitung(15.85)>Ftabel(3,05) dan tolak Ho sekaligus terima Ha, Hal ini berarti interaksi antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasi komputer dengan siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori mempunyai pengaruh positif yang lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar