Selasa, 26 Februari 2013

Kontrol Jarak Jauh Instalasi Listrik Rumah Tinggal Berbasis PLC Dengan Pemanfaatan Jaringan Internet


Nama    : Fatimah Syahidatur Rahmah
NIM       : 5235117112
PTIK NR 2011


Informasi Skripsi

Judul : Kontrol Jarak Jauh Instalasi Listrik Rumah Tinggal Berbasis PLC Dengan Pemanfaatan Jaringan Internet

Penyusun : Saesar Budiarsa (5115067232)

Dosen Pembimbing : Bapak Syufrizal, ST, MT
        Bapak Drs Syarifudin

Abstrak :

                Penelitian bertujuan untuk merancang sebuah system control jarak jauh berbasis PLC (Programmable Logic Controller) sebagai pengendaliinstalasi listrik rumah. Penelitian dilakukan di laboratorium PLC Jurusan Teknik Elektro Fakultas Negeri Jakarta. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pembuatan alat.
                Kontrol terdiri dari 3 bagian, yaitu peralatan input, kendali, dan output. Peralatan input yaitu computer utama dan PLC. Peralatan kendali yaituperalatan yang dapat mengendalikan computer utama seperti telepon genggam dan computer pengendali. Peralatan output yaitu peralatan listrik keluaran dari PLC seperti lampu-lampu, indicator tv, dan lain-lain.
                Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PLC dapat diaplikasikan sebagai system control jarak jauh instalasi listrik rumah tinggal denan memanfaatkan jaringan internet. Implikasi dari penelitian di antaranya di bidang keteknikan adalah rancang bangun system pengendali control instalasi listrik rumah berbasis PLC dapat menjadi sebuah aplikasi nyata dari kemajuan teknologi dibidang pengendalian jarak jauh, khususnya PLC. Implikasi dalam bidang pendidikan dari penelitian ini adalah rancang bangun system pengendali jarak jauh instalasi listrik dapat menjadi sebuah media pembelajaran PLC, dan dapat dikembangkan menjadi sebuah trainer aplikasi PLC.

Latar Belakang

                Di zaman modern sekarang ini banyak orang mempunyai computer, telepon genggam dan internet (alat komunikasi), namun banyak orang yang hanya memanfaatkan computer dan internet hanya sebatas chatting, sms, browsing, dan lain-lain sebagai alat komunikasi, maka secara perlahan computer, telepon genggam dan internet dapat dimanfaatkan untuk komunikasi data.
                Perkembangan teknologi yang semakin ke depan terus berkembang, bidang yang sangat mendukung dalam pemanfaatan computer, telepon genggam, dan internet dalam kemajuan teknologi adalah elektri dibidang kelistrikan. Salah satu manfaat teknologi computer, internet, dan telepon genggam untuk membantu kegiatan manusia dalam memudahkan pekerjaannya yaitu control jarak jauh instalasi listrik rumah tinggal berbasis PLC dengan pemanfaatan jaringan internet. Control jarak jauh ini dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan efisiensi waktu, jarak, dan energy yang dikeluarkan. Dalam control jarak jauh dibutuhkan computer untama sebagai peralatan media penghubung antara beberapa computer dan telepon genggam pengguna lain, oleh karena itu computer utamasangat berfungsi sebagai pusat pengendali dari jaringan, alat dan koneksi ke pengguna lain (computer dan telepon genggam). Agar teknik control jarak jauh dapat terlaksana maka dibutuhkan jaringan internet, karena jaringan internet ini saling terkoneksi antara beberapa computer.

Daftar Pustaka dalam Skripsi

Mata Maya.Studio.2010.Teknik Remote PC.Kuningan:PT Elex Media Komputindi
Rinta.2009.Dasar Komputer dan Pemrograman.Semarang:Fakutas Teknik Universitas Diponegoro
Syufrizal.2008.Pengendali Logika Terprogram.Jakarta:Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
http://electronic-schema.blogspot.com/2009/12/pushbutton.html

Ulasan Dari Internet

Kontrol logika terprogram (bahasa Inggris: programmable logic controller atau PLC) adalah suatu mikroprosesor yang digunakan untuk otomasi proses industri seperti pengawasan dan pengontrolan mesin di jalur perakitan suatu pabrik. PLC memiliki perangkat masukan dan keluaran yang digunakan untuk berhubungan dengan perangkat luar seperti sensor, relai, contactor dll. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengoperasikan PLC berbeda dengan bahasa pemrograman biasa. Bahasa yang digunakan adalahLadder, yang hanya berisi input-proses-output. Disebut Ladder, karena bentuk tampilan bahasa pemrogramannya memang seperti tampilan tangga. Disamping menggunakan pemrograman ladder, PLC juga dapat diprogram dengan pemrograman SFC dan pemrograman ST, untuk yang ST sudah jarang digunakan lagi.
Programmable Logic Controller (PLC) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menggantikan sederetan rangkaian relay yang terdapat pada system control konvensional. PLC bekerja dengan mengamati kondisi masukan melalui sensor-sensor terkait dan melakukan proses serta tindakan yang sesuai dengan kondisi inputnya, yang berupa menghidupkan atau mematikan keluarannya (logika 0 atau 1, hidup atau mati). Biasanya pengguna membuat sebuah program yang dinamakan dengan diagram tangga atau ladder diagram yang selanjutnya akan di jalankan oleh PLC
Perangkat Input terdiri dari keyboard, mouse, touch pad, light pen, joy stick, barcode, scanner, kamera digital, dll. Perangkat Output terdiri dari printer dan speaker.

Sumber Internet


Kesimpulan

Dari skripsi yang saya baca membahas tentang Instalasi Listrik Rumah Tangga berbasis PLC dengan
menggunakan jaringan internet. PLC yang dimaksud yaitu Programmable Logic Controller adalah suatu mikroprosessoryang digunakan untuk pengontrolan mesin. Pada penelitian tersebut menggunakan berbagai perangkat input (computer utama dan PLC) dan output (lampu-lampu, indicator tv, dan lain-lain)

1 komentar:

  1. Bisa diperjelas lgi g u marker plc nya apa trus proses kerjany bagaimna n jaringan terhubung dengan internet?? Menggunakan bhsa pemrograman apa n cara kerjanya seperti apa?? Trimaksih sblmnya..

    BalasHapus