Selasa, 26 Februari 2013

Pengkondisi dan Pemonitor PLC (Programmable Logic Controller)


Nama    : Wulan Dari Haerani
No.Reg : 5235117119
PTIK NR 2011


Informasi Skripsi

Judul                                     : Pengkondisi dan Pemonitor PLC (Programmable Logic Controller)
Nama                                    : Wahyuli (5115996293)
Tahun LULUS                     : 06 Februari 2007
Bidang Studi                       : Pend.T.Elektro
Dosen Pembimbing        : Drs.Purwanto Gendroyono
                                         Muhammad Rif’an,ST.,MT

Susunan Kerangka Karangan

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengkondisian dan pemonitoran PLC melalui jaringan internet serta membuat dan menguji program pengkondisi dan pemonitor PLC berbasis internet dengan menggunakan kommputer client dan server dihubungkan dengan media internet.
Penelitian ini dilakukan di labolatorium PLC jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta dari bulan Oktober 2006 sampai dengan Januari 2007, dengan menggunakan metode penelitian eksperimen labolatorium perancangan alat yang dibuat didalam penelitian ini terdiri dari tiga yaitu : perancangan mekanik terdiri dari perancangan maket miniatur rumah tinggal dan penyambungan instalasi listrik penerangan (cahaya) rumah tinggal yang berfungsi sebagai sumber tegangan bagi penerangan (lampu) rumah tinggal yang akan menerangi setiap ruangan yang telah dirancang dalam miniatur (maket) rumah tinggal, perancangan elektronik; terdiri dari perancangan rangkaian sensor cahaya dengan LDR (light dependent resistor) yang berfungsi sebagai pemonitor kedaan lampu penerangan dan mengirimkan data balik hasil pemonitoran (feed back) ke input PLC yang digunakan sebagai sumber tegangan bagi output PLC dan perancangan software, terdiri dari perancangan ladder diagram PLC berfungsi sebagai instruksi data yang akan dikerjakan oleh PLC, instruksi data ini terdiri dari masukan (input) dan keluaran (output) PLC yang akan dimanfaatkan sebagai pengkondisi dan pemonitor PLC dan perancangan program interface antara PC dengan PLC, perancangan intervace ini menggunakan bahasa pemograman visual basic 6 (VB 6.0) intervace ini menghubungkan antara PC client dengan PC server melalui komunikasi jaringan internet.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PLC dapat dikondisikan dan dimonitor melalui jaringan internet dan dimanfaatkan sebagai pengkondisi dan pemonitor lampu penerangan (cahaya) rumah tinggal.

Latar Belakang Masalah
Teknologi dan pemanfaatannya berjalan sinergis, atau dapat dikatakan perkembangan teknologi saat ini mengalami kemajuan cukup signifikan. Dalam tataran realitas setiap aspek kehidupan kita mulai dari keluarga, masyarakat hingga lingkungan negara dilayani oleh teknologi. Teknologi sangat dibutuhkan dalam upaya mempermudah  gerak dan meminimalisasi pengaruh jarak, ruang dan waktu, sehingga masyarakat pengguna teknologi kini dimanjakan dengan produk-produk teknologi yang secara langsung dapat menunjang proses kerjanya sehari-hari.

Kajian Pustaka
a.       Sejarah PLC
Siste PLC pertama berkembang dari komputer konvensional pada tahun 1960 dan awal tahun 1970. Berawal dari rasa jemu dengan sistem-sistem kontrol besar yang tidak fleksibel, beberapa ahli di general motors divisi Hydromatic pada tahun 1968 mulai membuat serangkaian persyaratan untuk perlengkapan kontrol jenis baru. Persyaratan ini menjadi cetak biru bagi semua PLC masa kini.
b.      Pengertian PLC
PLC merupakan komponen elektronika yang berbasis satu atau lebih mikroprosesor yang digunakan untuk mengontrol mesin-mesin industri.
c.       Struktur dasar PLC
a)      Unit Processor (CPU)
b)      Unit catu daya
c)       Unit memori
d)      Unit masukan (input)
e)      Unit keluaran (output)
5 Sumber dari Skripsi
Barmawi, Malvino Prinsip-prinsip Elektronika, Jakarta : Erlangga, 1985.
modul Latihan, Otomatic Control System, Jakarta : 1997.
Mustari, Teknologi PLC majalah INFOLEN, Volume 2 No. 4, Jakarta : 1994

5 Sumber dari Internet
Pengendalian level air Menggunakan PLC Berbasis Jaringan Internet http://www.citeulike.org/user/puslit/article/4853317 (Diunduh 25 Februari 16.25)

Pembuatan program scada berbasis web internet untuk PLC omron CPMI http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_5642.html (Diunduh 25 Februari 17.02)


Pembuatan Web SCADA Software untuk Pengendalian Miniatur Rumah Cerdas Berbasis PLC Omron

PENGERTIAN, PRINSIP KERJA DAN TIPE PLC

Pengertian PLC (Programmable Logic Controller) http://duniakarya.wordpress.com/2009/10/08/pengertian-plc-programmable-logic-controller/ (Diunduh 25 Februari 20.35)


Ulasan Ide
Dari semua sumber yang saya baca baik dari skripsi maupun internet semuanya membahas tentang kegunaan atau manfaat PLC berbasis internet. PLC memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, contoh dari skripsi yang saya baca PLC berguna sebagai pengkondisi dan pemonitor lampu penerangan rumah tinggal. Sedangkan dari sumber internet PLC memiliki kelebihan dibandingkan dengan perangkat kontrol sekuensial lainnya fleksibel, kokoh serta dirancang untuk tahan terhadap getaran, mudah diprogram serta menggunakan bahasa pemograman yang dipahami. Sumberlain  yang saya baca PLC juga mempunyai kekurangan yaitu pada bagian interface  yang tidak  user friendly, sehingga operator sulit untuk mengamati plant yang dikendalikan PLC.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar