Selasa, 26 Februari 2013

Hubungan antara minat belajar menggambar teknik listrik dengan hasil belajar menggambar teknik listrik di SMK Karya Guna


Nama: Nur Fitriani
NIM: 5235118334
PTIK NR 2011

Informasi Skripsi
Judul Skripsi : Hubungan antara minat belajar menggambar teknik listrik dengan hasil belajar menggambar teknik listrik di SMK Karya Guna
Nama penyusun : Galih Saputra
NIM : 5115067226
Tanggal Lulus : 2010

Susunan Kerangka Karangan

ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara minat belajar menggambar teknik listrik dengan hasil belajar menggambar teknik listrik. Disamping itu juga untuk mengetahui kolerasi minat belajar menggambar teknik listrik dengan hasil belajar menggambar teknik listrik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket minat belajar dan tes hasil belajar menggambar teknik listrik.
Dari data hasil penelitian dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas. Hasil uji normalitas dari data hasil belajar menggambar teknik listrik ialah L = 0,04433 < L = 0,1498 yang artinya dan mendistribusi normal. Data hasil uji normalitas hasil belajar menggambar teknik listrik L = 0,11924 < L = 0,1498 yang artinya data berdistribusi normal. Uji prasyarat yang kedua adalah uji linieritas. Uji ini menunjukan nilai persamaan regresi linier sederhana adalah uji linieritas. Uji ini menunjukkan nilai persamaan regresi linier sederhana adalah Y = -5,05+0,69X dengan k = 20. Uji keberartian koefisien persamaan regresi linier sederhana menunjukkan terima H1 dengan F ic = 2,31 dan F tabel = 3,19 menunjukkan terima H0 yang berarti garis regresi adalah linier.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar menggambar teknik listrik dengan hasil belajar menggambar teknik listrik pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Karya Guna Jakarta tahun ajaran 2011.

LATAR BELAKANG MASALAH
Setiap orang tua yang menyekolahkan anaknya menginginkan anaknya berprestasi yang baik. Namun untuk mencapai hal tersebut bukanlah suatu hal yang mudah. Karena keberhasilan belajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain, faktor internal, ialah faktor yang timbul dari dalam diri anak atau siswa, seperti kesehatan, mental, tingkat kecerdasan, minat dan sebagainya. Faktor eksternal, ialah faktor yang datang dari luar diri anak, seperti keberhasilan rumah, udara, lingkungan, keluarga, masyarakat, teman, guru, medis, sarana dan prasarana belajar.
Sudah disadari baik oleh guru, siswa dan orang tua bahwa dalam belajar di sekolah, inteligensi (kemampuan intelektual) memerankan peranan yang penting, khususnya berpengaruh kuat terhadap tinggi rendahnya prestasi belajar siswa. Makna tersebut mempunyaiarti bahwa semakin tinggi kemampuan inteligensi seorang siswa, maka semakin besar peluangnya untuk berprestasi. Sebaliknya, semakin rendah kemampuan intelegensi seorang siswa, maka semakin kecil peluangnya untuk memperoleh prestasi. Meskipun peranan intelegensi sedemikian besar namun perlu diingat bahwa faktor-faktor lain pun tetapberpengaruh.

5 Sumber dalam Skripsi
Ahmad M. 1980. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Alma. Arif.
Alisuf S. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Arikunto S. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

5 Sumber yang didapat dari internet


Ulasan :
Dari sumber yang telah saya baca, baik dari skripsi maupun internet  menurut saya menggambar bukan hanya bisa menggunakan kuas dan cat air saja atau dengan krayon maupun pensil warna saja namun bisa menggunakan teknik listrik sehingga manfaat listrik pun bertambah. Dan menggambar dengan teknik listrik dengan menggunakan linier.
Dari sumber yang lainnya menggambar menggunakan teknik listrik belum banyak yang mengetahui teknik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar