NAMA : Suci
Lestari
NIM : 5235117145
PTIK NR 2011
Informasi Skripsi
Judul : Hubungan Antara Inventori Kepribadian Siswa
Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Melakukan Pekerjaan Dasar Perbaikan
Peralatan Listrik Rumah Tangga. (Suatu
Studi Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah I
Jakarta).
Penulis : ANISAN
No. Reg : 5115032199
Tanggal lulus : 12 Maret 2009
Dosen Pembimbing I : Dr.
Mochammad Soekardjo, M. pd
Dosen Pembimbing II: Drs. Edi
Sutadi
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat hubungan antara inventori kepriadian siswa terhadap
hasil belajar pada mata diklat melakukan pekerjaan dasar perbaikan peralatan
listrik rumah tangga SMK Muhammadiyah 1 Jakarta.
Penelitian dilaksanakan di kelas
X Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Muhammadiyah 1 Jakarta
pada semester 1 (Ganjil) pada tahun ajaran 2008 – 2009. Metode yang digunakan adalah survei dengan
pendekatan studi korelasi. Jumlah sampel
sebanyak 30 siswa yang diambil secara acak.
Pengukuran dengan menggunakan instrumen inventori kepribadian yang
terdiri dari 40 butir pernyataan dengan 5 pilihan jawaban dan penskoran 1 – 5
dengan menggunakan skala Likert.
Koefisien realibilitas uji instrumen dihitung dengan menggunakan dengan
teknik spit half dan iperoleh koefisien realibilitas seluruh tes sebesar 1.01
dengan jumlah sampel sebanyak 27 siswa.
Sebelum melakukan pengujian
hipotesis, telah dilakukan pengujian persyaratan analisis data berupa uji
normalitas melalui uji Lillisefors dan uji Homogenitas melalui uji
Barthest. Dari hasil kedua pengujian
tersebut ternyata populasi berdistibusi normal dan homogen.
Latar Belakang Masalah
Bila dilihat tujuan secara umum
pendidikan sangat memegang peranan penting dalam memajukan pengembangan
nasional. Dengan demikian wajarlah apabila pemerintah Indonesia berupaya keras
untuk mencerdaskan kehidupan bangsanya melalui pendidikan. Melalui kegiatan pendidikan diharapkan lahir
manusia Indonesia yang beriman, cerdas, berkepribadian, dan berkemampuan dalam
melaksanakan pembangunan nasional, sehingga pembangunan dapat berlangsung
secara berkesinambungan.
Pendidikan yang mampu mendukung
pembangunan di masa mendatang ialah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi
peserta didik sehingga yang bersngkutan mampu menghadapi dan memecahkan
problema kehidupan yang dihadapinya.
Dalam proses keseluruhan
pendidikan nasional (anggran, infrastruktur, kesejahteraan guru, management
education) kegiatan belajar merupakan yang paling pokok. Berarti tercapai atau tidaknya tujuan
pendidikan bergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami siswa.
Faktor yang memperngaruhi proses
belajar siswa terebut dapat digolongkan menjadi dua, yaitu factor internal
(factor yang berasal dalam diri siswa) seperti bakat, minat, dan sebagainya.
Faktor eksternal (factor yang
berasal dari luar diri siswa) seperti guru, lingkungan, fasilitas atau
sarana. Kedua factor tersebutlah yang
nantinya akan mempengaruhi proses belajar siswa sehingga akan membentuk suatu
kepribadian yang khas.
Berdasarkan anggapan dasar dalam
masyarakat bahwa siswa SMK itu berada dalam periode penjelajahan dan persiapan
karir serta berada dalam periode alternative untuk tindakan-tindakannya pada
masa depan, karakteristik pertumbuhan dan perkembangan fisik serta psikis yang
khas, maka bimbingan karier di SMK mempunyai fungsi yang khas pula.
5 Sumber dalam Skripsi
1.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta : Rineka Cipta, 1992.
2.
Kuswara, E. Teori – teori Kepribadian. Bandung : Eresco, 1991.
3.
Winkel, W. S. Psikologi Pengajaran. Jakarta : PT. Grasindo, 1991.
4.
E. Usman Effendi dan Jaharya S. Praja. Pengantar Psikologi. Bandung : Angkasa, 1984
5.
Sukardi, Dewa Ketut. Analisis Inventori Minat dan
Kepribadian. Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1993.
5 Sumber yang didapat dari
internet
Hakikat Inventori http://blog.tp.ac.id/pdf/tag/hakikat-inventori-tugas-perkembangan.pdf (diunduh
26 Februari 2013 pukul 21.55)
Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2328220-prosedur-penelitian-suatu-pendekatan-praktik/ (diunduh
26 Februari 2013 pukul 22.00)
Teori – teori Kepribadian http://fachmiulilmaulana.blogspot.com/2010/12/teori-teori-kepribadian.html (diunduh
26 Februari 2013 pukul 22.21)
Psikologi Pengajaran http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/01/02/psikologi-pembelajaran-dan-pengajaran/ (diunduh
26 Februari 2013 pukul 22.03)
Pengantar Psikologi http://pai-umy.blogspot.com/2011/09/ringkasan-pengantar-psikologi-halaman-1.html (diunduh
26 Februari 2013 pukul 22.11)
Ulasan
Ide
Dari semua ulasan yang saya baca dari sumber-sumber yang ada di skripsi dan
internet membahas mengenai kepribadian siswa terhadap hasil belajar yang diharapkan lahir manusia
Indonesia yang beriman, cerdas, berkepribadian, dan berkemampuan dalam
melaksanakan pembangunan nasional, sehingga pembangunan dapat berlangsung
secara berkesinambungan. Inventori kepribadian merupakan inventori yang digunakan untuk
mengidentifikasi dan mengukur struktur dan segi-segi dari kepribadian, atau
karakteristik dari cara berpikir, merasa, dan bertindak (Segal & Coolidge,
dalam Drummond & Jones, 2010). Dengan kata lain inventori kepribadian atau
asesmen kepribadian atau tes kepribadian merupakan tes/inventori/asesmen yang
menggambarkan karekteristik individu, dengan tujuan agar individu dapat
mengenal dan memahami dirinya sendiri dengan gambaran atau penjelasan yang
objektif dan terukur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar